Sejarah Protokol TCP/IP Tugas Sekolah

Sejarah Protokol TCP/IP Tugas Sekolah


Sejarah Protokol TCP/IP, ya. Itulah tugas kami kali ini yang diberikan oleh guru Firmanthok pada kesempatan nimba ilmu kali ini. Kita disuruh mencari, menguprek-uprek, mneganalisa, de el el deh. hehehe. Kita disini diharuskan untuk mempelajari tentang History TCP/IP atau Sejarah TCP/IP. 


Tulisan kali ini sebenarnya hampir berhubungan dengan postingan yang kemarin tentang Protokol Jaringan Pada Berbagai Sistem Operasi. Jadi, kalau sahabat Firmanthok ingin membaca postingan kali ini, mending baca postingan saya yang sebelumnya. :D Oke, langsung saja kita bahas Sejarah Protocol TCP/IP.

Sejarah Protokol Internet TCP/IP


Internet Protocol atau Protokol internet dikembangkan pertama kali oleh Defense Advenced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1970 dari usaha pertama yang berusaha untuk mengembangkan protokol yang dapat melakukan interkoneksi alias terkoneksi dengan perangkat-perangkat atau komputer yang menggunakan teknologi berbedap-beda.

Protokol utama yang dihasilkan dalam proyek DARPA adalah Internet Protocol (IP). Riset yang sama dikembangkan pula yaitu beberapa protokol level tinggi yang didesain dapat bekerja dengan IP. Yang paling penting dari proyek tersebut adalah Transmission Control Protocol (TCP), dan semua grup protocol diganti dengan TCP/IP suite. Pertamakali TCP/IP diterapkan di ARPANET, dan mulai berkembang setelah Universitas California di Berkeley mulai menggunakan TCP/IP dengan sistem operasi UNIX. Selain Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) ini yang mengembangkan Internet Protocol, yang juga mengembangkan TCP/IP adalah Department of defense (DOD).

Firmanthok hanya bisa memberikan dan menceritakan kembali Sejarah Singkat Protokol TCP/IP ini. Kalau ada kurangnya sedikit atau banyak mohon dimaafkan ya Sahabat. :D Jadi nikmati apa adanya postingan tentang Sejarah Protokol Internet TCP/IP.


Category Article , ,

One Response to “Catatan Firmanthok Di Website”

What's on Your Mind...